https://www.instagram.com/p/B5c6BYhJIIH/

Bandung, Journal367 — Puluhan foto ilmuan Indonesia terpajang di  Galeri Orbital, Dago, Bandung dalam sebuah pameran dengan tema Potret Ilmuwan Muda Indonesia. Kegiatan ini dilaksanakan oleh Direktorat Jenderal Sumber Daya Iptek dan Dikti (SDID), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Pameran ini dilaksanakan pada 27 November sampai dengan 2 Desember 2019. Kegiatan ini merupakan sebuah kolaborasi yang bertujuan untuk memperkenalkan berbagai figur ilmuwan baru di tanah air.

Yoggi Herdani yang merupakan fotografer dari potret para ilmuwan tersebut mengungkapkan bahwa sebagian besar negara maju ialah negara yang memiliki potensi sumber daya berkualitas seperti ilmuwan dalam bidang sosial dan sains yang sukses. Indonesia belum memiliki itu, sehingga acara ini diharapkan menjadi pintu baru untuk memunculkan profil-profil ilmuwan baru di Indonesia.

Dengan adanya pameran ini ia berharap dapat menginspirasi kaum muda untuk lebih mengenal profesi ilmuan karena selama ini sosok ilmuwan yang dikenal hanya Habibie saja padahal banyak ilmuwan muda lain yang menginspirasi.

Dr. Rino salah satu ilmuwan yang terdapat dalam potret menyampaikan bahwa ia sangat mengapresiasi acara ini karena dapat memotivasi generasi muda untuk dapat mengikuti jejak para ilmuwan. 

“Saya sangat apresiasi acara ini yang digagas oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Dirjen Sumber Daya IPTEK dan Dikti terutama fotografernya adalah Kang Yogi. Beliau inilah yang menginspirasi terbentuknya acara pameran potret ilmuwan muda Indonesia. Kedepannya ilmuwan-ilmuwan muda ini nantinya menjadi lebih termotivasi dan generasi muda mau mengikuti jejak kita. Negara yang maju itu dilandasi oleh penelitian yang baik,” ujar Dr. Rino

Tim liputan : Refan, Vini, Cintya, Tira, Vira, Dewi
Editor: Destalia