Pelantikan DPM dan BEM Poltekesos Periode 2020 (Journal367/Mutiara)

Poltekesos, Journal367 — Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) dan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Politeknik Kesejahteraan Sosial (Poltekesos) Bandung resmi dilantik pada Senin, (27/01) di Gedung Dikti Lantai 1 Poltekesos Bandung. Pelantikan tersebut dibagi menjadi dua sesi, pelantikan DPM pada pukul 16.00 WIB dan 18.30 WIB untuk pelantikan BEM.

Pelantikan DPM Parlemen Integritas

Secara langsung, Wakil Direktur 3 Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Epi Supiadi, M.Si, melantik Restu Andini sebagai Ketua Umum DPM Periode 2020, dan Ferdy Fadli sebagai Wakil Ketua 1 serta Setiaji Rizkianto sebagai Wakil Ketua 2. Kemudian dilanjutkan dengan pelantikan 29 pengurus DPM yang pada periode 2020 ini memilih “Integritas” sebagai nama parlemen. Turut hadir pula dalam pelantikan ini, Kepala Subbagian Kemahasiswaan dan Alumni, Kepala BAAP, para dosen, perwakilan UKM, perwakilan HIMA, dan perwakilan kelas.

Dengan dilantiknya DPM sebagai salah satu OKM Poltekesos Bandung, tentunya muncul semangat dan inovasi baru, serta harapan positif dari berbagai pihak, terutama harapan dari Kampus Poltekesos Bandung. Sebagai Organisasi Kegiatan Mahasiswa (OKM) yang bersanding dengan BEM, DPM kedepannya diamanahkan untuk membangun semangat dan motivasi di tengah-tengah organisasi, serta menjalankan fungsi anggaran, fungsi legislasi, dan fungsi pengawasan dengan sebaik mungkin.

“DPM harus sensitif dalam mendengarkan dan menerima keluhan maupun aspirasi dari mahasiswa serta aktif dalam menuangkan pemikiran dalam penyusunan kebijakan dan program kerja. Saya berharap DPM mampu mengeluarkan terobosan-terobosan yang inovatif dan memanfaatkan teknologi untuk hal yang positif sehingga dapat memunculkan ide-ide baru yang dapat meningkatkan kualitas organisasi khususnya bagi Poltekesos Bandung,” ucap Dr. Epi Supiadi, M.Si, dalam sambutannya.

Mengenai struktur kepengurusan DPM, Ketua Umum DPM Periode 2020, Restu Andini menuturkan bahwa terdapat beberapa perubahan dalam struktur kepengurusan, dimana pada periode kali ini dalam kepengurusan DPM terdiri dari Sekretaris Dewan, Bendahara Umum, Badan Legislasi, BAK, Staf Administrasi dan Inventaris, Staf Perencanaan dan Protokoler, Komisi I, Komisi II, Komisi III, Komisi IV, dan Komisi V. Restu, bersama kedua wakilnya, Ferdy dan Setiaji yakin bahwa kedepannya DPM dapat menjalankan fungsinya dengan maksimal, serta dapat mengakomodir dan merealisasikan aspirasi mahasiswa melalui semangat, inovasi, dan kerjasama yang baik antara DPM, lembaga, kawan-kawan mahasiswa, BEM, UKM, dan HIMA.

 “Sebagai perwakilan mahasiswa, saya berharap DPM dapat mewakili suara mahasiswa dan menjadi fasilitator mahasiswa baik ke lembaga maupun ke BEM. Dan saya berharap juga mahasiswa Poltekesos Bandung dapat lebih aktif dan berpartisipasi dalam kegiatan akademik dan non akademik serta lebih mengenal kondisi kampus,” ujar Restu Andini, Ketua Umum DPM Parlemen Integritas.

BEM Kabinet Selebrasi, Setia Melayani dan Berkolaborasi

Setelah pelantikan DPM rampung, kini Dara Rizkia Septriani dan Naufal Dzaki Mubarokpun juga telah sah mengemban tanggung jawab sebagai Presiden Mahasiswa dan Wakil Presiden Mahasiswa. Sebanyak 69 pengurus BEM periode 2020 pun siap untuk memulai berbagai program dan karya baru. Dalam pelantikan BEM tersebut, dihadiri oleh Kepala Sub Bagian Kemahasiswaan dan Alumni,  perwakilan UKM, perwakilan kelas, dan puluhan mahasiswa yang turut hadir untuk memberikan ucapan selamat atas pelantikan BEM periode 2020.

Kabinet Selebrasi, itulah nama kabinet yang dipimpin oleh Presma Dara dan Wapresma Naufal. Dengan mengusung visi, “Setia Melayani dan Berkolaborasi”, yang mengandung makna dan harapan bahwa sebagai OKM, BEM dapat memberikan pelayanan atas kebutuhan mahasiswa dan berkolaborasi dalam berbagai kegiatan kampus. Presma Dara dan Wapresma Naufal mewakili BEM Kabinet Selebrasi berharap adanya kerjasama yang baik antara BEM, lembaga, DPM, UKM, dan HIMA untuk mewujudkan harapan mahasiswa dan berbagai program BEM periode satu tahun kedepan.

“Nantinya kita berharap benar-benar bisa menjawab semua kebutuhan mahasiswa, dan apapun yang diharapkan BEM dan mahasiswa dapat diwujudkan bersama-sama melalui kolaborasi antara BEM dengan mahasiswa, UKM, serta HIMA,” tutur Presma Dara.

Periode baru tentu ada sesuatu yang baru juga, sama halnya dengan perubahan dan inovasi baru dalam struktur kabinet BEM periode 2020 yang meliputi Unit Staf Kepresidenan, Lembaga Perencanaan, Kementerian Sekretaris Kabinet, Kementerian Keuangan, Kementerian Koordinator Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa, Kementerian Pengembangan Informasi Teknologi, Kementerian Pendidikan dan Pengembangan Profesi, Kementerian Perekonomian, Kementerian Kesenian dan Kebudayaan, Kementerian Koordinator Pergerakan Mahasiswa, Kementerian Pengabdian Masyarakat, Kementerian Luar Kampus, Kementerian Dalam Kampus, Kementerian Ideologi, Politik dan Kebangsaan, dan Kementerian Agama.

Reporter : Dian, Vira, Roudhotul

Fotografer : Mutiara