Poltekesos, Journal367 – Menanggapi lonjakan kasus Covid-19 Presiden Joko Widodo mengumumkan penerapan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat untuk Jawa dan Bali. Kebijakan tersebut dilakukan mulai tanggal 3 hingga 20 Juli 2021.

Sebanyak 122 daerah meliputi 48 kabupaten/kota dengan asesmen situasi pandemi level 4 dan 74 kabupaten/kota dengan asesmen situasi pandemi level 3 di Pulau Jawa dan Bali. Adapun 48 daerah berstatus level 4, berada di Provinsi Banten, Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah, DIY, dan Jawa Timur. Rinciannya Kota Tangerang Selatan, Kota Tangerang, Kota Serang, Kota Tasikmalaya, Kota Sukabumi, Kota Depok, Kota Cirebon, Kota Cimahi, Kota Bogor, Kota Bekasi, Kota Banjar, Kota Bandung, Kota Tegal, Kota Surakarta, Kota Semarang, Kota Salatiga, Kota Magelang, Kota Yogyakarta, Kota Surabaya, Kota Mojokerto, Kota Malang, Kota Madiun, Kota Kediri, Kota Blitar, dan Kota Batu. Lalu ada Purwakarta, Karawang, Bekasi, Jakarta Barat, Jakarta Timur, Jakarta Selatan, Jakarta Utara, Jakarta Pusat, Kepulauan Seribu, Sukoharjo, Rembang, Pati, Kudus, Klaten, Kebumen, Grobogan, Banyumas, Sleman, Bantul, Tulungagung, Sidoarjo, Madiun, dan Lamongan.

Armila, salah satu mahasiswa Poltekesos Bandung asal Bogor mengungkapkan bahwa ia setuju dengan kebijakan PPKM tersebut, “Setuju-setuju saja, karena melihat dari situasi akhir-akhir ini masyarakat sudah semakin terbiasa bahkan seperti tidak ada Covid-19. Jadi harapannya PPKM Darurat sekarang ini semoga bener-bener efektif untuk melandaikan kasus Covid-19 di Indonesia,” ujarnya ketika diwawancarai.

“Terdapat penutupan untuk beberapa ruas jalan di Kota Bogor dari pukul 21.00 ke atas, tempat hiburan ditutup, café dan restoran hanya melayani take away. Patroli juga dilakukan oleh petugas untuk memastikan kelancaran kebijakan PPKM Darurat ini,” tambahnya.

Penerapan kebijakan PPKM Darurat di Kota Bogor juga disesuaikan dengan pedoman berikut:

  1. Sektor non-esensial menerapkan 100 persen work from home (WFH).
  2. Seluruh kegiatan belajar-mengajar dilakukan secara daring atau online.
  3. Untuk sektor esensial diberlakukan 50 persen maksimum staf work from office (WFO) dengan protokol kesehatan dan untuk sektor kritikal diperbolehkan 100 persen maksimal staf work from office (WFO) dengan protokol kesehatan.
  • Cakupan sektor esensial meliputi keuangan dan perbankan, pasar modal, sistem pembayaran, teknologi informasi dan komunikasi, perhotelan non-penanganan karantina, serta industri orientasi ekspor.
  • Sementara itu, cakupan sektor kritikal yaitu energi, kesehatan, keamanan, logistik dan transportasi, industri makanan, minuman dan penunjangnya, petrokimia, semen, objek vital nasional, penanganan bencana, proyek strategis nasional, konstruksi, utilitas dasar (listrik dan air), serta industri pemenuhan kebutuhan pokok masyarakat sehari-hari.
  • Untuk supermarket, pasar tradisional, toko kelontong, dan pasar swalayan yang menjual kebutuhan sehari-hari dibatasi jam operasional sampai pukul 20.00 waktu setempat, dengan kapasitas pengunjung 50 persen. Untuk apotek dan toko obat bisa buka selama 24 jam.
  1. Kegiatan pada pusat perbelanjaan/mal/pusat perdagangan ditutup.
  2. Pelaksanaan kegiatan makan/minum di tempat umum (warung makan, rumah makan, kafe, pedagang kaki lima, lapak jajanan) baik yang berada pada lokasi tersendiri maupun yang berlokasi pada pusat perbelanjaan/mal hanya menerima delivery atau take away dan tidak menerima makan di tempat (dine in).
  3. Pelaksanaan kegiatan konstruksi (tempat konstruksi dan lokasi proyek) beroperasi 100 persen dengan menerapkan protokol kesehatan secara lebih ketat.
  4. Tempat ibadah seperti masjid, musala, gereja, pura, wihara, dan kelenteng, serta tempat umum lainnya yang difungsikan sebagai tempat ibadah ditutup sementara.

 

Sumber:

Nugraheny, Dian Erika. (2021, Juli 01). PPKM Darurat Jawa-Bali, Ini 48 Kabupaten/Kota dengan Aturan Paling Ketat. Kompas.com. https://nasional.kompas.com/read/2021/07/01/11493791/ppkm-darurat-jawa bali-ini-48-kabupaten-kota-dengan-aturan-paling-ketat.

Bramasta, Dandy Bayu. (2021, Juli 03). Berlaku Hari Ini, Berikut Aturan Lengkap PPKM Darurat Jawa-Bali. Kompas.com. https://www.kompas.com/tren/read/2021/07/03/060300065/berlaku-hari-ini-berikut-aturan-lengkap-ppkm-darurat-jawa-bali.

 

Reporter: Alfina

Editor: Dian Choirunisa