Poltekesos, Journal367 – Politeknik Kesejahteraan Sosial Bandung telah melaksanakan tes tulis Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) secara daring (7/7). Peningkatan angka kasus Covid-19 dan berbagai penerapan kebijakan pemerintah di masa pandemi berakibat pada pelaksanaan PMB yang sepenuhnya dilaksanakan secara daring, mulai dari sosialisasi, registrasi, hingga ujian tertulis dan wawancara.

Persiapan PMB tahun 2021/2022 dilaksanakan melalui rapat koordinasi yang dihadiri oleh panitia PMB sesuai Keputusan Direktur Poltekesos Bandung Nomor 0481 Tahun 2021 tanggal 18 Februari 2021 tentang Panitia persiapan PMB Poltekesos tahun 2021. Pelaksanaan PMB secara daring membutuhkan persiapan yang matang agar dapat meminimalisasi hambatan dan gangguan yang terjadi.

“Pelaksanaan PMB tahun 2020 merupakan acuan kita untuk melaksanakan PMB daring sepenuhnya tahun ini, dan kendala yang kita hadapi di tahun 2020 telah kita antisipasi secara optimal di tahun ini, seperti penyiapan aplikasi, uji coba, pengoptimalan pembekalan kepada petugas, pemberitahuan kepada peserta untuk menyediakan laptop/notebook/komputer yang memiliki kamera web atau handphone (android), serta penyediaan kuota internet minimal 10 GB dengan jaringan yang kuat dan stabil,” jelas Aam Komala selaku Sub Koordinator Humas dan Kerja Sama Poltekesos.

Sebanyak 1.818 calon mahasiswa baru yang mendaftar di Poltekesos telah mengikuti tes tulis yang dilaksanakan secara daring, terdiri dari 1.774 calon mahasiswa baru Program Sarjana Terapan dan 44 calon mahasiswa baru Program Magister Terapan. Berdasarkan Surat Keputusan Direktur Poltekesos Bandung No. 1843 Tahun 2021 tanggal 14 Juli 2021 tentang Daftar Nama Calon Mahasiswa Program Sarjana Terapan dan Program Magister Terapan yang Dinyatakan Lulus Seleksi Ujian Tulis Poltekesos Bandung TA. 2021/2022, ada sebanyak 550 calon mahasiswa baru program Sarjana Terapan dan 30 calon mahasiswa baru untuk program Magister Terapan. Untuk jumlah akhir mahasiswa yang akan diterima di Poltekesos belum bisa dipastikan karena masih menunggu hasil pencapaian seleksi ujian wawancara yang akan dilaksanakan pada tanggal 22 dan 23 Juli 2021 secara daring.

Pelaksanaan tes wawancara akan dibuka secara resmi oleh Kepala Badan Pendidikan, Penelitian dan Penyuluhan Sosial (Badiklit Pensos) Kementerian Sosial. Sementara untuk penguji tes wawancara akan melibatkan Kepala Biro Orpeg Kemensos, Sekretaris Badiklit Pensos, Direktur Poltekesos Bandung, para Wakil Direktur, para dosen, pejabat struktural Poltekesos Bandung dan akan dimonitor oleh Sekretaris Jenderal dan Inspektorat Jenderan Kemensos.

“Semoga proses PMB tahun ini berjalan baik dan lancar hingga akhir nanti, meskipun dilaksanakan secara daring, tetapi tidak mengubah output atau harapan kita bersama untuk mendapatkan calon mahasiswa Poltekesos Bandung yang nantinya akan mengikuti perkuliahan untuk menjadi pekerja sosial profesional. Selain itu, dengan adanya PMB daring ini menambah kebermanfaatan Poltekesos dalam mengikuti era perkembangan teknologi. Semoga pandemi cepat berlalu sehingga PMB bisa dilaksanakan secara luring ke depannya,” imbuhnya.

 

Reporter: Ellya

Editor : Annisya