Poltekesos, Journal367 – Setelah resmi menggelar sosialisasi pada Sabtu (3/7) secara daring, Politeknik Kesejahteraan Sosial Bandung siap mengirimkan tujuh orang mahasiswa dari Program Studi Pekerjaan Sosial angkatan 2019 yang telah mendaftar program Student Exchange bersama Universitas Pasundan (Unpas) Bandung yang akan dilaksanakan selama semester lima mendatang.

Pelaksanaan program Student Exchange dikhususkan untuk seluruh mahasiswa angkatan 2019 Prodi Pekerjaan Sosial melalui berbagai pertimbangan. Awalnya program ini diperuntukkan untuk mahasiswa angkatan 2019 dan 2020 tetapi dari pihak Prodi Peksos di Poltekesos sudah berkoordinasi dengan pihak Prodi Kesos di Unpas. Ternyata untuk mata kuliah yang sama ada di semester 5, maka dari itu diputuskan untuk pertukaran mahasiswa kali ini hanya untuk angkatan 2019 dulu,” ujar Ayu Setiara selaku Biro Advokasi Kementerian Dalam Kampus BEM Poltekesos saat diwawancarai pada Minggu (4/7).

Disamping itu, peluncuran program Student Exchange juga dilandasi atas beberapa dasar hukum diantaranya, Permendikbud Nomor 3 Tahun 2020 tentang SNPT (Standar Nasional Pendidikan Tinggi), adanya Memorandum of Understanding (MoU) antara pihak Poltekesos dengan Unpas, serta Sertifikasi Akreditasi BAN PT: A. Hal itu diketahui saat sosialisasi pemaparan ketentuan program kepada mahasiswa oleh pihak lembaga.

Berdasarkan hasil wawancara bersama Ayu Setiara, nantinya mahasiswa Poltekesos maupun Unpas hanya akan mengikuti pembelajaran di beberapa mata kuliah kredit tertentu yang telah disepakati bersama, dan setiap mahasiswa tetap melakukan pembayaran biaya kuliah sebagaimana mestinya sesuai SKS di perguruan tinggi masing-masing.

Program ini diharapkan dapat memberi banyak keuntungan dan pengalaman baru kepada mahasiswa, dapat mempererat relasi dan kerjasama antar dua perguruan tinggi yakni Poltekesos dan Unpas. Diharapkan pula program Student Exchange akan terus terlaksana ditahun-tahun berikutnya, “Tentu pihak prodi berharap ini bisa menjadi program yang berkelanjutan, nantinya bukan hanya pertukaran mahasiswa dengan Unpas saja, namun bisa juga dengan perguruan tinggi lain yang mempunyai program studi dan akreditasi yang sama serta bisa bekerja sama dengan kampus luar negeri seperti tahun-tahun sebelumnya yang pernah dilakukan pihak Poltekesos,” harap Ayu.

 

Reporter: Rahma

Editor: Annisya