Poltekesos, Journal367 — Himpunan Mahasiswa Program Studi Pekerjaan Sosial (Hima Prodi Peksos) resmi menetapkan Nabila Elmaila Winata sebagai formatur terpilih dan Ani Widyastutik sebagai midformatur terpilih periode 2022 dalam Musyawarah Besar (Mubes) yang dilaksanakan pada Sabtu (19/2) melalui media Zoom Meeting.

Selama proses Mubes berlangsung, banyak ulasan yang diberikan oleh para peserta penuh, yakni mahasiswa dari perwakilan delegasi kelas dalam meninjau dan mengevaluasi jalannya kepengurusan Hima Prodi Peksos periode 2021. Saran dan rekomendasi pun datang silih berganti dari berbagai pihak yang turut mewarnai proses Mubes.

Menurut penuturan Nabila, jalannya kepengurusan Hima Peksos yang masih tergolong baru selama setengah periode lalu dinilai sudah cukup baik dan pelaksanaan dari setiap program kerja pun sudah direalisasikan secara optimal, “Dalam rentang 5-6 bulan dari mulai peresmian, perencanaan sampai  pelaksanaan program kerja, teman-teman Hima dari setiap departemen sudah sangat luar biasa, menyuguhkan program kerja yang terbilang baru dan fresh walau dengan durasi yang singkat,” tuturnya saat diwawancarai via telewicara pada Minggu (20/2)

Kendati demikian, Nabila turut menyadari adanya bahan evaluasi yang perlu diperhatikan terkait hubungan internal antaranggota dari kepengurusan sebelumnya. Menurutnya, rasa kepemilikan terhadap keberadaan Hima perlu ditingkatkan agar tidak terkesan berjalan secara perseorangan.

Disamping itu, sebagai Ketua Hima Prodi Peksos yang baru tentu membuat Nabila harus melakukan persiapan ekstra dalam menyajikan kepengurusan yang lebih optimal agar mahasiswa bisa turut berkontribusi di dalamnya. Banyak hal yang perlu didiskusikan bersama beberapa pihak, salah satunya terkait penegasan ulang legalitas dari kedudukan Hima itu sendiri, “Sebenarnya untuk legalitas dari Hima ini sudah ada, tapi yang menjadi catatan adalah bagaimana menegaskan kembali secara jelas akan kedudukan dari Hima itu sendiri dan mencari kejelasan akan peran dan fungsi badan pengawas Hima itu seperti apa, bentuk pengawasan yang dimaksud seperti apa, bagaimana jalur koordinasinya sebelum nantinya beralih memikirkan komponen yang lain seperti pelantikan dan perekrutan anggota,” jelasnya.

Besar harapan Nabila Hima Prodi Peksos dapat terbentuk ke arah yang lebih jelas dengan didukung oleh sumber daya manusia yang lebih berkualitas dan berkomitmen tinggi untuk mengembangkan Hima Prodi Peksos agar dapat memberi manfaat bagi mahasiswa.

“Harapannya juga semoga bisa terjalin koordinasi dan sinergitas yang baik antara jajaran Prodi dan Hima, dan tentunya ada partisipasi aktif dari seluruh mahasiswa peksos karena bagaimanapun kerasnya kita merancang program kerja, sebagus apapun bentuknya, jika tidak ada partisipasi dari mahasiswa maka semuanya akan sia-sia dan tidak akan membawa manfaat bagi mahasiswa,” pungkasnya.

 

Reporter: Rahmawati Rukman Putri

Editor: Ellya Dwi Indriani