Poltekesos, Journal367 —  Kontingen Poltekesos berhasil lolos pada enam cabang lomba di Pekan Ilmiah Perguruan Tinggi Kedinasan (PIPTK) 2022 dan akan melaju ke tahap semifinal dan final yang mulai dilaksanakan pada tanggal 23—25 Juni 2022 di Politeknik Keuangan Negara (PKN-STAN), Tangerang Selatan.

PIPTK merupakan kompetisi di bidang akademik yang diikuti oleh seluruh mahasiswa Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK) di Indonesia. Kegiatan ini menjadi salah satu media untuk mempererat hubungan antar-PTK, serta meningkatkan kemampuan akademis mahasiswa melalui perlombaan baik secara individu maupun tim. PIPTK terdiri dari delapan cabang lomba, yakni pidato, scrabble, karya tulis ilmiah, infografis, debat bahasa Inggris, debat bahasa Indonesia, PKM-pengabdian masyarakat dan PKM-kewirausahaan.

Kegiatan PIPTK 2022 dilaksanakan secara online untuk babak penyisihan yang disesuaikan dengan linimasa masing-masing cabang lomba di kediaman masing-masing peserta dan secara offline untuk babak semifinal dan final yang akan dilaksanakan di area PKN-STAN sebagai tuan rumah.

“Kita udah banyak melakukan persiapan terutama semenjak dinyatakan lolos semifinal, kita persiapan secara online bersama tim, lalu semenjak tanggal 19 sudah mulai persiapan offline ke kampus setiap hari,” ungkap Nabila, mahasiswi angkatan 2020 sekaligus salah satu peserta lomba debat bahasa Inggris dalam wawancaranya.

Disamping itu, tim cabang lomba PKM-pengabdian masyarakat yang juga lolos melaju pada babak final turut membeberkan tema unggulan yang akan dibawakan dalam pameran perlombaanya nanti. “Konsep dari programnya sendiri, terkait dengan permasalahan sampah secara inklusif di wilayah RW 07 Kel. Cihaurgeulis dengan fokus sasaran yang dilibatkan, yaitu para kaum muda (Karang Taruna) dan penyandang disabilitas,” tutur Isni, mahasiswi Prodi Peksos angkatan 2019.

Pelaksanaan lomba tidak luput dari dukungan kampus baik secara material maupun verbal. Diketahui pihak kampus akan memfasilitasi keberangkatan kontingen Poltekesos, serta turut mendampingi selama kegiatan berlangsung.

“Kontingen lomba scrabble dan KTI akan mulai berangkat hari ini untuk ikut opening ceremony dan karena lomba tersebut akan mulai dilaksanakan besok, sisanya akan berangkat di kemudian hari, semuanya berangkat bersama-sama dari kampus,” jelas Nabila.

Banyak harap dan doa yang tercurah dari para peserta terhadap keberlangsungan lomba pada babak semifinal dan final esok hari. Dukungan juga datang dari para mahasiswa Poltekesos, semoga seluruh kontingen Poltekesos diberi kemudahan dan kembali dengan hasil yang memuaskan.

“Semoga tidak ada hal-hal teknis yang menjadi kendala dalam pelaksaan nanti, serta kami diberi kejernihan dalam berpikir agar kami dapat berjuang dalam membawa nama baik Poltekesos,” harap Nabila.

Reporter : Rahmawati Rukman Putri

Editor: Ellya Dwi Indriani