Poltekesos, Journal367 – Politeknik Kesejahteraan Sosial Bandung telah mengadakan pertemuan dengan PT Aruna Jaya Nuswantara dalam rangka pembahasan rencana kerja sama mengenai pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan pemberdayaan alumni serta diskusi tentang persiapan memasuki dunia kerja bersama mahasiswa angkatan 2018 pada Selasa (7/6) di ruang pertemuan Poltekesos.

Kegiatan kerja sama yang sudah direncanakan sejak tahun 2018 ini, dihadiri oleh wakil direktur, dosen, perwakilan mahasiswa dan perwakilan dari PT Aruna Jaya Nuswantara. Kegiatan menghasilkan beberapa ruang lingkup pembahasan yang disajikan dalam bentuk Perjanjian Kerja Sama (PKS). Pertama, berkaitan dengan pendidikan pengajaran, penyelenggaraan kolaborasi riset, dan pengembangan sumber daya. Kedua, pemberian rekomendasi terkait penelitian mahasiswa atau dosen. Ketiga, kegiatan magang mahasiswa di PT Aruna yang disesuaikan dengan kebutuhannya.

“Namun, tidak mengikat setiap tahun harus ada magang. Jika dibutuhkan, mereka akan menawarkan program magang, khususnya untuk para mahasiswa dari setiap prodi,” ujar Epi Supiadi selaku Wakil Direktur III dalam wawancaranya.

Keempat, rekomendasi terkait pertimbangan para alumni Poltekesos untuk bekerja di PT Aruna. Berdasarkan hasil MoU, alumni yang memenuhi persyaratan untuk menduduki jabatan akan mendapatkan akses kemudahan untuk bekerja di PT Aruna berdasarkan rekomendasi dari lembaga.

Mendengar kabar tersebut, sontak membuat mahasiswa yang hadir turut merasa adanya angin segar bagi masa depan lulusan Poltekesos, “Semoga bisa benar-benar terealisasikan dan menjadi kesempatan bagi lulusan mahasiswa nantinya. PT Aruna menjelaskan bahwa alumni akan mendapatkan akses yang mudah untuk bekerja, tanpa harus melalui persaingan, mengingat ada lulusan dari kita yang ternyata bekerja di PT Aruna,” tutur Annisa Aulia, mahasiswi Program Studi Rehabilitasi Sosial angkatan 2018.

Berdasarkan hal tersebut, ruang lingkup lainnya yang ada dalam MoU berkenaan dengan kewajiban pihak kedua, yaitu Poltekesos dalam memberikan daftar mahasiswa berprestasi yang tercantum di buku wisuda kepada PT Aruna. Di sisi lain, PT Aruna juga akan memberikan kesempatan sponsorship kepada Poltekesos untuk menunjang kegiatan mahasiswa. Namun, tetap dengan mengikuti seleksi proposal.

Menurut Epi Supiadi, MoU ini berlaku selama dua tahun terhitung hingga tahun 2024 sejak adanya penandatanganan dan harus ditindaklanjuti dengan kesepakatan antar prodi. “Jadi, MoU hanya memberikan payung hukum tentang kerja sama yang terkait dengan enam poin tadi. Jika akan dilaksanakan, harus membuat perjanjian kerja sama dengan antar prodi,” jelasnya.

“Saya berharap jika ada peluang seperti ini bisa dimanfaatkan dengan menimba pengalaman kerja dan pengalaman belajar. Jadi, kesempatan seperti ini jangan diabaikan, justru harus dimanfaatkan,” tuturnya.

Di sisi lain, Annisa Aulia juga turut mengharap partisipasi mahasiswa dengan mengikuti setiap kegiatan dan program yang diselenggarakan lembaga, “Tentu perlu ada partisipasi dari mahasiswa. Jangan melewatkan kesempatan besar ini, teruslah belajar karena memasuki dunia kerja itu tidaklah mudah dan membutuhkan banyak persiapan. Semoga ke depan, apa yang sudah direncanakan lembaga dapat terlaksana serta memberi manfaat untuk mahasiswa,” pungkasnya.

 

Reporter: Andina & Rahma

Editor : Fitri