Poltekesos, Jurnal367 – Sebagai bagian dari pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, Poltekesos Bandung membangun sinergitas dengan Sentra Pelayanan Sosial di lima wilayah berbeda melalui Studi Ekskursi dan Bhakti OK/UKM yang dilaksanakan pada 18 November̶29 Desember 2022.

Kegiatan ini dirancang secara kolaboratif mulai dari aspek manajemen, aspek praktik, hingga dibuat parameter yang dapat dijadikan platform dalam menjalankan tugas dan fungsi yang baru serta sebagai bentuk pengabdian nyata masing-masing OK/UKM yang ada di Poltekesos Bandung .

Lantas apa yang mendasari pemilihan sentra? Bagaimana keseruan dari setiap kegiatan di masing-masing sentra? Simak ulasannya.

Pemilihan Sentra

 

Gambar 1. Observasi
Gambar 1. Observasi

Sentra Pelayanan Sosial adalah inisiatif baru yang dikembangkan oleh Kementerian Sosial sebagai respon atas perkembangan berbagai jenis permasalahan sosial yang terjadi saat ini di Indonesia. Istilah “Sentra” lebih dulu dikenal dengan “Balai Rehabilitasi Sosial” yang memiliki tugas untuk mendata, menangani dan menyelesaikan berbagai masalah sosial.

Kepala Direktur Poltekesos, Marjuki menjelaskan, bahwa sentra ini dijadikan tempat Studi Ekskursi Mahasiswa Poltekesos agar diperoleh simbiosis mutualisme, terdapat penguatan pembelajaran dalam mengenal, mendata, menangani dan menyelesaikan masalah sosial melalui kemampuan yang dimiliki masing-masing OK/UKM.

Sentra yang dipilih dalam kegiatan ini di antaranya Sentra Galih Pakuan Bogor, Sentra Terpadu Pangudi Luhur Bekasi, Sentra Handayani Jakarta, Sentra Phalamartha Sukabumi, dan Sentra Mulyajaya Jakarta.

 

Pelibatan Perwakilan Mahasiswa

Mahasiswa yang dilibatkan dalam kegiatan ini terdiri dari dua perwakilan dari masing-masing OK/UKM, antara lain BEM, DPM, HIMA, dan berbagai UKM, seperti UKM Olahraga, UKM Seni, UKM Bahasa, serta UKM Keagamaan yang dikirimkan ke setiap sentra. Kegiatan di setiap sentra berlangsung selama empat hari yang diisi dengan berbagai kegiatan yang menunjukkan identitas masing-masing OK/UKM

“Kami membuat kegiatan dari ukm masing-masing, sangat menyenangkan, jadi bisa saling mengenal, saling belajar dan memberikan manfaat terutama untuk para klien di sana,” tutur Martin, selaku Presiden Mahasiswa sekaligus ketua pelaksana mengenai tanggapannya terkait kegiatan yang dilakukan di Sentra Phalamartha Sukabumi .

 

Ajang Kreativitas Mahasiswa

 

Gambar 2. Kegiatan Futsal Bersama Penerima Manfaat
Gambar 2. Kegiatan Futsal Bersama Penerima Manfaat
Gambar 3. Salah Satu Kegiatan UKM
Gambar 3. Salah Satu Kegiatan OK/UKM

 

Sejumlah UKM menyuguhkan berbagai keterampilan dalam sebuah kegiatan yang melibatkan para klien, tenaga kepegawaian dan seluruh sumber daya manusia di setiap sentra. Kegiatan tersebut antara lain pertandingan olahraga oleh UKM olahraga, pentas senior dan unjuk bakat oleh UKM senior, serta talkshow dan kegiatan dinamika kelompok yang difasilitasi oleh perwakilan masing-masing OK.

 

Kebermanfaatan Bagi Sentra

Pihak sentra menilai, kegiatan ini menjadi bentuk kolaborasi baru antara Lembaga Poltekesos dan berbagai sentra yang terlibat.

“Kegiatan ini banyak memberikan manfaat bagi para penerima manfaat (klien) yang ada di sini, terutama untuk pemulihan mereka melalui kegiatan yang menyenangkan,” jelas Kusman, Pekerja Sosial Sentra Phalamarta Sukabumi.

Kusman menambahkan, bahwa kegiatan Studi Eksursi dan Bhakti OK/UKM juga membantu meringankan tugas pekerja sosial yang ada di sana dalam berkegiatan bersama klien. Dirinya juga berharap agar kegiatan ini bisa terus berkelanjutan hingga tahun-tahun mendatang.

 

Reporter : Rahmawati Rukman P

Editor: Ellya Dwi Indriani