Tentang Kami

Pers Mahasiswa Journal367 Poltekesos

Journal367 merupakan Pers Mahasiswa Politeknik Kesejahteraan Sosial (Poltekesos) Bandung yang berperan dalam mengakomodasikan kebutuhan mahasiswa akan informasi dan menyalurkan pemikirannya untuk disosialisasikan melalui media Pers Mahasiswa Journal367 kepada civitas akademika Poltekesos maupun masyarakat luas. Journal367 berasaskan Pancasila dengan mengedepankan keterbukaan, independen, adil, akurat, aspiratif dan juga kreatif.

Journal367 sebagai Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) merupakan wadah yang ditujukan sebagai tempat untuk mengembangkan kreativitas dan berekspresi di bidang jurnalistik, memperjuangkan aspirasi jurnalistik mahasiswa Poltekesos dan ikut dalam memberikan kontribusi dan perkembangan jurnalistik.

Sejarah Journal367

Awal pembentukan Journal367 merupakan ide dari Kementerian Media, Komunikasi, dan Informasi BEM Kabinet Harmoni pada tanggal 26 Oktober 2016 sebagai program kerja bidang jurnalistik. Program kerja tersebut menghasilkan sebuah karya berupa majalah cetak dan e-magazine dengan berita utama kegiatan PPI dan Latsar tahun 2016.

Setelah periode BEM Kabinet Harmoni berakhir, dilanjutkan oleh BEM Kabinet Madani. Periode BEM Kabinet Madani berjalan sekitar pertengahan tahun 2017, tepatnya pada bulan Juli 2017 program kerja jurnalistik masih tetap dipertahankan dan berjalan konsisten dengan merekrut anggota baru serta mulai merumuskan kembali cita-cita para anggota untuk membentuk suatu pers mahasiswa di Kampus STKS Bandung. Proses perumusan tersebut menghasilkan banyak hal, mulai dari logo Journal367, nama komunitas, rencana kerja untuk satu tahun ke depan, pembahasan isi majalah berupa rubrik dan konten, penyusunan pengurus, dan lain-lain. Pada saat itu, nama Journal367 masih diikuti dengan lembaga STKS Bandung, sehingga nama dari pers mahasiswa atas program kerja BEM tersebut adalah Journal367 STKS Bandung.

Sejak bulan Agustus 2017, Journal367 dengan bangga mempersembahkan hasil karya terbaiknya berupa e-magazine setiap bulannya. Hingga saat ini, Journal367 telah menghasilkan dua belas edisi majalah. Pada awal tahun 2018, Journal367 menggelar musyawarah besar untuk memilih ketua umum dan pimpinan redaksi serta merumuskan kembali Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) yang sesuai dengan kebutuhan. Setelah periode kepengurusan tahun 2018 berakhir, dilaksanakan musyawarah besar untuk kedua kalinya pada awal tahun 2019, tepatnya bulan Februari. Agenda musyawarah besar tersebut membahas Laporan Pertanggungjawaban (LPJ), pembahasan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART), dan pemilihan ketua umum/pimpinan utama Journal367 STKS.

Seiring bergantinya periode kepengurusan BEM STKS Bandung, Journal367 masih berdiri dan lepas dari program kerja BEM. Hanya saja, Journal367 masih menjadi bagian agenda dari BEM untuk dilegalisasi oleh lembaga STKS Bandung. Hingga tahun 2019, kampus STKS Bandung berubah nama dan kelembagaan menjadi Poltekesos Bandung, Journal367 masih hadir memberikan kontribusinya sebagai pers mahasiswa. Sehingga, pada akhir tahun 2019 dilaksanakan musyawarah besar dengan agenda yang sama seperti musyawarah sebelumnya. Pada saat itu pula nama Journal367 ikut berubah mengikuti kelembagaan kampus Poltekesos Bandung menjadi Journal367 Poltekesos Bandung.

Saat ini, Journal367 Poltekesos Bandung tetap konsisten sebagai wadah yang ditujukan untuk mengembangkan daya nalar dan kritis, kreatifitas dan berekspresi dibidang jurnalistik dalam bentuk pers mahasiswa, memperjuangkan aspirasi jurnalistik mahasiswa Poltekesos Bandung, serta ikut dalam memberikan kontribusi dan perkembangan Jurnalistik.

Pendirian dan Pelantikan Journal367

Sejak dibentuk pada tahun 2016 sebagai program kerja bidang jurnalistik oleh Kementerian Media, Komunikasi, dan Informasi Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Kabinet Harmoni, kini Journal367 telah resmi menjadi Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Poltekesos Bandung setelah dilaksanakannya acara pendirian dan pelantikan Journal367 sebagai UKM pada hari Jumat, tanggal 14 Februari 2020 di Gedung Perpustakaan dan Instalasi lantai 1 Poltekesos Bandung. Pendirian dan pelantikan ini telah menjadi angin segar bagi arah perjuangan Journal367 karena dengan pendirian dan pelantikan ini, Journal367 mendapat legalitas dan setara dengan UKM lainnya di Poltekesos Bandung.

Pendirian dan pelantikan Journal367 Poltekesos Bandung dihadiri oleh Drs. Benny Setia Nugraha, M.Si yang telah resmi menjadi Pembina Journal367, seluruh staf kemahasiswaan dan alumni Poltekesos, serta tamu undangan. Acara berlangsung dengan khidmat, yaitu dimulai dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an, kemudian pembacaan Surat Keputusan Penetapan Unit Kegiatan Mahasiswa Journal367 Poltekesos Bandung oleh Direktur Poltekesos Bandung yang diwakili Kepala Sub Bagian Kemahasiswaan dan Alumni, lalu dilanjutkan dengan pelantikan Pimpinan Utama (PU) Journal367 Periode 2020 oleh Dara Rizkia Septriani selaku Presiden Mahasiswa BEM Poltekesos Bandung Kabinet Selebrasi, dan dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng sebagai simbolis oleh Dra. Ika Andayasari, MP selaku Kepala Sub Bagian Kemahasiswaan. Setelah pemotongan tumpeng, dilanjutkan dengan pelantikan Pengurus Journal367 Periode 2020 oleh Vini Nurillah Ciherla selaku Pimpinan Utama (PU) yang baru saja dilantik. Pengurus Journal367 terdiri dari 34 mahasiswa, di antaranya 18 mahasiswa sebagai pengurus dan 16 mahasiswa sebagai anggota muda yang berasal dari angkatan 2017, 2018, dan 2019.

Pihak Lembaga Poltekesos Bandung berpesan atas pendirian dan pelantikan UKM Journal367 Poltekesos Bandung, bahwa dengan didirikannya UKM Journal367 diharapkan dapat menjadi wadah yang positif, mengembangkan relasi, pengalaman dalam jurnalistik, dan menjadi mahasiswa yang produktif baik di dalam maupun di luar kampus. Pendirian dan pelantikan UKM Journal367 diharapkan mampu berkontribusi dan bermanfaat untuk kemajuan civitas academica Poltekesos Bandung sebagai penunjang dalam berkompetensi dengan perguruan tinggi lainnya di Indonesia, di mana nantinya Journal367 harus senantiasa siap dalam mempersiapkan, mencari, dan mempublikasikan berita-berita, baik internal maupun eksternal kampus.

Melalui surat yang ditulis Direktur Poltekesos, adapun manfaat positif yang bisa diambil dengan menjadi anggota UKM Journal367 di antaranya:

  1. Memiliki wawasan luas
  2. Menjadi mahasiswa yang produktif
  3. Bisa membangun relasi
  4. Berpengalaman dalam jurnalistik.

Kepengurusan dan Keanggotaan Journal367

Siti Hazar (Ketua Periode 2019), Dini Yudistira (Ketua Periode 2017 2018), Vini Nurillah Ciherla (Ketua Periode 2020)

Journal367 Poltekesos Bandung memiliki keanggotaan yang berasal dari periode-periode sebelumnya. Pengurus Journal367 periode-periode sebelumnya tetap menjadi bagian dari Journal367 sebagai anggota Journal367. Sedangkan bagi Pengurus periode sebelumnya yang ingin melanjutkan mengemban amanah di Journal367 akan menjadi bagian dari Pengurus Journal367 pada periode selanjutnya. Hingga saat ini, jumlah keseluruhan anggota yang tergabung dalam Journal367 Periode 2016 s.d. Periode 2020 sebanyak 81 orang.

Journal367 Poltekesos Bandung memiliki kepengurusan yang telah ditetapkan oleh Pimpinan Utama (PU) dengan hasil musyawarah bersama Pengurus Journal367 periode sebelumnya. Journal367 melakukan pemilihan PU pada hari yang sama setelah berlangsungnya kegiatan Musyawarah Besar (Mubes). Setelah PU terpilih, maka PU berhak menentukan jajaran pengurus untuk membantunya dalam memilih Pengurus Journal367 secara tetap sesuai dengan kapasitas kemampuannya. Sebelumnya, saat pertengahan periode sebelum terpilihnya PU yang baru, telah dilaksanakan tahap-tahap seleksi bagi para anggota muda yang berminat menjadi bagian dari Pers Journal367 Poltekesos Bandung. Tahap-tahap seleksi tersebut akan dilaksanakan sesuai dengan kebijakan Pimpinan Utama periode kepengurusan yang menjabat. Setelah tahap-tahap tersebut dilalui oleh para anggota muda, maka PU yang telah terpilih saat Mubes, menentukan anggota muda agar masuk kepada divisi di Journal367 dengan melakukan diskusi bersama Pengurus Inti Journal367. Selanjutnya, barulah diumumkan nama-nama beserta divisi yang ditetapkan sebagai bidang anggota muda untuk melakukan tugas dan tanggung jawabnya di Journal367.

Pengurus Journal367 Periode 2020 terdiri atas 34 mahasiswa yang berasal dari angkatan 2017, 2018, dan 2019, di antaranya 18 mahasiswa sebagai pengurus atas kepengurusan sebelumnya dan 16 mahasiswa sebagai anggota muda yang baru saja melakukan tahap-tahap penyeleksian.

Adapun Pengurus Journal367 terdiri atas:

  • Inti
    1. Pimpinan Utama
    2. Wakil Pimbinan Utama
    3. Sekretars
    4. Bendahara
  • Departemen-Departemen
    • Departemen Redaksi
      1. Divisi Reporter
      2. Divisi Editor
      3. Divisi Fotografer
      4. Divisi Videografer
      5. Divisi Layouter
    • Departemen Pendidikan, Penelitian, dan Pengembangan (Diklitbang)
    • Departemen Public Relations (PR)

Berikut merupakan daftar Pengurus Journal367 Periode 2020.

error

Ikuti kami di media sosial lainnya!